Friday, March 16, 2007

Cinta Ilahi & Cinta Insani


Sobat, beberapa hari yang lalu aku berbincang-bincang dengan seseorang, mengenai apa ssaja yang menurut kami menarik untuk diperbincangkan. terus aku tanya sama dia, "bagaimana kadar cintamu kepada kekasihmu?", temenku itu langsung nyeletuk,"cinta dengan seseorang (manusia) sama dengan cinta kepada Tuhan", aku langsung berpikir dan menafsirkan apa yang dia omongkan tadi. Sobat, aku menafsirkan perkataan itu dengan bagaimana para sufi mencintai Tuhan (disebut Cinta Religius/cinta Ilahi) di dalam Islam sendiri. Agama Islam ada yang disebut dengan rukun Islam, rukun Islam ini lah menjadi insfirasi untuk menafsirkan cinta kepada manusia. Sobat, rukun Islam yang pertama adalah bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, ini menyatakan bahwa kesaksian kepada pasangan bahwa aku mencintaimu, dan itu dengan perkataan. rukun Islam yang kedua adalah menjalankan sholat, ini berarti setelah kita mengikrarkan cinta kepada pasangan, kita dituntut untuk melakukan dengan ikhlas dan tulus segala apa yang diucapkan oleh pasangan. rukun Islam yang ketiga adalah berpuasa, ini berarti kita harus berpuasa kepada yang lain, walau pun ada yang menggoda hati kita, kita harus tetap dengan apa yang kita ikrarkan pada pertama kali bahwa aku cinta dan sayang sama pasangan. rukun Islam yang keempat adalah membayar zakat, ini artinya kita harus saling memberi dan menerima diantara kedua pasangan kita dengan ketulusan dan keikhlasan. rukun Islam yang kelima adalah menunaikan ibadah haji, ini puncak dari kecintaan kita pada pasangan, yang artinya saling berkorban, yang diajarkan dalam ritual haji yaitu sa`i, saling terbuka tidak ada yang ditutup-tutupi, ketelanjangan dalam segala hal. wallahu a`lam bi as-showab.

1 comment:

pyuriko said...

Ane baru tahu, tentang penjabaran rukun Islam itu sprt ini...

Dan kembali lagi, cinta kepadaNya itu hakiki...